Efek Kehadiran BYD, Popularitas Mobil Listrik Wuling Bakal Goyah?

By Admin


JAKARTA -- Kehadiran raksasa mobil asal China, Build Your Dreams (BYD), di pasar kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) Indonesia diniliai hanya membuka sedikit kemungkinan adanya pergeseran tren pembelian mobil listrik dari Wuling Motors, yang notabene brand mobil China terlaris di Indoneaia saat ini. 

Bagaimanapun, pakar otomotif dan akademisi Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu menilai perbedaan segmentasi pasar dan fokus produk yang ditawarkan oleh kedua merek ini membuat persaingan mereka tidak akan sepenuhnya terlihat secara langsung.

"Wuling, dengan [mereknya] Air EV, Binguo EV, dan Cloud EV, menyasar segmen entry-level hingga menengah, dengan fokus pada konsumen yang mencari mobilitas perkotaan praktis dan harga terjangkau," terang Yannes, Selasa (25/6/2024).

Air EV, misalnya, menjadi merek Wuling yang populer bagi konsumen yang pertama kali ingin menggunakan mobil listrik, tetapi mengutamakan efisiensi dengan desainnya yang kompak dan fitur-fitur dasar. 

Sementara itu, merek mobil mobil Wuling lainnya seperti Binguo EV dan Cloud EV, menawarkan ruang lebih luas dan kenyamanan tambahan untuk konsumen yang membutuhkan.

Sebaliknya, Yannes berpendapat mobil listrik BYD memulai langkahnya di Indonesia dengan menyasar segmen pasar menengah hingga premium.  

Fitur-fitur BYD —seperti Blade Battery, sistem hiburan canggih, dan fitur keselamatan lengkap — menjadi daya tarik utama bagi konsumen yang mencari pengalaman berkendara premium dan teknologi terkini.

Walhasil, perbedaan segmentasi pasar ini menciptakan peluang bagi kedua jenama mobil listrik asal China tersebut untuk berkembang tanpa harus bersaing secara langsung.

"Wuling akan terus menjadi pilihan utama bagi konsumen yang mencari EV terjangkau dan praktis, sementara BYD akan menarik konsumen yang menginginkan EV dengan teknologi canggih, performa tinggi, dan desain mewah," pungkasnya.

Daftar mobil EV Wuling terlaris per Mei 2024 dari pabrikan ke dealer (wholesales) menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo): 

1. Cloud 460 KM: 452 unit

2. Air EV Lite: 100 unit

3. Air EV Long Range: 59 unit